Tari; Perempuan Penuh Senyum yang Pernah Saya Temui

"If you see a friend without the smile; give him one of yours!" --Anonymous--


Ada banyak hal-hal sederhana di dunia ini yang bisa membuat saya jatuh cinta, salah satunya senyum yang lahir dari sabit-sabit bibir seseorang.


Dan kamu, adalah satu dari sedikit orang yang Tuhan hadirkan sebagai hadiah spesial dalam hidup saya, yang selalu melahirkan senyum lepas dari cangkir-cangkir matamu. Terimakasih, Adik.


Potongan kutipan di atas benar-benar sesuai untukmu, Dik. Kamu yang selalu berbagi senyum pada sesiapa, dalam jarak waktu yang entah. Terimakasih, Adik.

Maafkan untuk sepenggal tulisan terlambat ini, yang sudah saya janjikan padamu, beberapa lipatan waktu silam; sebagai hadiah kecil di hari kamu lahir di dunia ini. Maafkan.

Kemudian? Banyak doa yang saya langitkan malam ini. Semoga ada banyak tawa dan air mata yang bakal hinggap di setiap hari yang Tuhan bakal berikan buatmu.

Lalu, izinkan sebait puisi ini menjadi teman dalam sepenggal "hadiah" dari saya.

:adalah doa-doa
yang beterbangan menembus langit malam ini
lepas menjauh
mengangkasa
hingga sampai mengecup rumah Tuhannya

:adalah namamu
yang hinggap di pendengaranNya
yang sampai pada lekuk-lekuk mataNya
lisanku yang basah
mengucap namamu dalam lirih
mengalir
banyak semoga yang saya semogakan padaNya

:adalah kamu
yang telah mendewasa
menemui betapa dunia tidak seindah warna-warna krayonmu dulu
betapa dunia tidak seramah suara renyah karyawan restoran cepat saji
betapa dunia tidak semudah saat kita bermain scrabble sambil menhirup kopi di malam-malam biasa
betapa kakimu harus selalu kuat bertopang melawan angin

:adalah yang harus kau ingat
sesakit apapun yang sampai di ulumu kelak
sepedih apapun rasa yang kau bakal cecap
seperih apapun rasa yang kelak mencambukmu
tetaplah menjadi seperti yang saya kenal
perempuan yang penuh senyum
perempuan yang selalu ringan menyapa
sebab doa buatmu,
tidak hanya mengalir saat tanggal per tahun yang tertulis di aktamu
sebab doa buatmu,
senantiasa akan selalu saya hadirkan

:adalah kamu
perempuan penuh senyum yang pernah saya temui


Barakallahu fii miladik, wa barakallahu fii umrik, Adik Tari-ku!

Kota Daeng, 20:24



Comments

Popular Posts