Basa-Basi yang Basi

cr

"Kamu sekarang putihan ya, Ki?" Ini kata teman saya lewat video call beberapa pekan kemarin yang berhasil bikin saya melongo. Kok ya pertanyaan teman saya gini amat ya?

Basa-basi. Kita, orang Indonesia memang senang banget yang namanya basa-basi. Setiap ketemu, pasti kita ga bakalan langsung ke poin utama pembicaraan. Pasti kebanyakan senang bahas hal-hal yang sebenarnya ga penting-penting amat, dan seringnya lagi, basa-basi kita itu bener-bener basi. Ewww.

Contohnya ya, kebanyakan langsung scanning penampilan orang.

"Wah, kamu putihan, ya?"
"Kok sekarang kulitnya iteman sih?"
"Gendutan ya sekarang?"
"Kok kurus sih?"

And so on. You name it.

Like "REALLY?!"

Setelah merantau di Amerika kurang lebih 3 bulan ini, saya makin sadar kalau budaya basa-basi itu memang Indonesia banget. Di sini, saat pertama kali ketemu orang lain, meski ga kenal-kenal banget atau bahkan asing, orang bakalan langsung nanya kabar kita. Dan ga pernah ada yang scanning penampilan kita, atau sampai kasih komentar soal kehidupan pribadi kita. Duh.

Basa-basi itu bagian dari budaya orang Indonesia yang emang senang ngobrol. Bagus kok itu, tapi please behave your basa-basi. Banyak banget pertanyaan yang lebih manis untuk dijadikan bahan basa-basi. Nanya kabar salah satunya.

Basa-basi paling basi ya kalau kita komentar penampian orang lain, atau bahkan sampai nyinggung masalah pribadi dia. Contohnya? Nanya kapan dia nikah, atau bahkan parahnya nanya pasangan kapan mereka punya anak. Bisa jadi di depan kita mereka jawabnya santai sambal ketawa-ketawa, tapi mungkin balik abis ketemu kita, mereka bakalan jadi super sedih. Duh, jangan sampai. Saya punya BANYAK banget tipe teman yang kayak gitu. Lama ga ketemu, sekalinya ketemuan, pasti basa-basinya super basi. Nyebelin!




Ada BANYAK-BANYAK sekali pertanyaan basa-basi yang bisa kita tanyakan atau ucapkan tanpa harus menyakiti hati orang lain. Nanya kabar, nanya gimana hobinya akhir-akhir ini, atau mungkin nanya dia sibuk apa sekarang. Jangan-jangan lagi deh nanya masalah pribadi orang. Mind our own business is the important thing.

Tanya kenapa? Karena selain bikin orang lain sedih karena basa-basi kita, bisa jadi itu bikin dia jadi ngetaive thinking sama dirinya sendiri. Misal kita komen soal warna kulit dia yang jadi makin gelap (yang menurutku apa salahnya sih orang berkulit gelap, duh!), atau karena pipi dia gendutan, itu bakalan bikin dia jadi berpikir negatif sama dirinya. Tahu risikonya? Bisa jadi dia kepikiran dan bikin dia ga pede dengan dirinya sendiri. Itu ga enak banget. Kok saya tahu? Karena saya adalah bagian dari korban basa-basi super basi dari orang-orang yang menyebalkan.

Dahulu kala, saat saya masih umur belasan, sering banget saya dapat komen basa-basi yang relate sama penampilan. Saya dibilang ceking bangetlah kaya tiang listrik, kulit saya gelaplah, dan sebagainya. Sebagai anak perempuan yang dulu masih jadi budak standar kecantikan tolol, saya sedih dong. Merasa diri saya ga guna banget. Merasa diri saya kurang banget dari teman-teman saya yang "cantik" di mata orang. Itu bikin saya sering bungkuk karena ga pede. Beruntungnya, saya dapat lingkaran yang positif sekali. Makin hari, saya makin sadar dan realize ga bakal ada habisnya kalau kita jadi budak standar kecantikan yang entah dari mana patokannya itu.

Itu satu contoh pengalaman ya. Ada juga nih, salah satu relatif saya yang udah nikah lebih dari 5 tahun tapi ga kunjung dikasih rejeki momongan. Di acara arisan keluarga, satu orang yang mulutnya cabe banget, malah basi-basi nanya kok mereka belum punya anak, dan diteruskan dengan berbagai ucapan yang saya aja dengernya ga enak, apalagi mereka. Pas pulang, saya semobil ama mereka, istrinya sesenggukan pelan tapi sakit banget. See? Duh, jangan-jangan lagi deh ya kasih basa-basi yang basi ke orang. Ga baik. Ga sehat.

Saya nulis ini sebagai pengingat pribadi juga. Sekarang, saya selalu hati-hati banget kalau mau basa-basi. Ketemu teman kuliah yang belum selesai sampai sekarang, saya bakalan ngehindarin banget topik kapan lulus. Ketika dapat pertanyaan basa-basi yang menyebalkan dari orang lain, saya berusaha buat menghindari orang tersebut lain waktu, honestly. Saya menghindari racun-racun yang hanya bikin saya sakit kepala. Ngapain tetap berada di lingkaran yang penuh toxic? Masih banyak sekali orang-orang positif yang asyik buat diajak ngobrol. Basa-basinya asyik.

Dah. Segitu aja. Intinya, yuk sama-sama belajar buat mengontrol pertanyaan basa-basi saat kita ketemu orang. Kalau kamu masih basa-basi dengan pertanyaan-pertanyaan terlarang, kamu mainnya kurang jauh, Sis! :D

Virginia, Oktober 2017

Gifs source

Comments

  1. I feel you. Kadang aku suka bingung kalau mau nyari bahan obrolan tapi ga ada ide. Akhirnya aku milih ga banyak ngomong aja daripada salah. Dan itu sukses bikin saya dicap judes hahaha. Padahal kalau udah deket aku tuh bawel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan? Jadi bete duluan pas mau ngajak ngomong. Terima kasih sudah mampir, Teh. :)

      Delete
  2. biasanya sih kalau ketemu teman yang udah lama nggak ketemu emang rada bingung mau ngobrol apa. akhirnya ya yang keluar apa yang ada di kepala deh. heu. kayaknya kalau paling aman nanya kesibukan aja kali ya. he

    ReplyDelete
  3. Kebanyakan basa basi jadi basi beneran. Ditanya kapan selesai skripsi jawabnya mau fokus aksi sosial dulu, haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts